Wednesday 7 October 2015

Killing Me Softly With These Songs

Ya, betul. Ini tulisan dibuat untuk mengomentari tulisan mba Dian , yang mengklaim lagu pilihan saya sangat ceria. Tapi kau salah, Paulina! Itu bukan lagu yang sangat ceria. Justru sebaliknya, itu lagu yang...ah sudahlah. Maka berhubung ini hari RABU (Rasanya Aku Butuh kamU), saya berniat memilih lagu-lagu yang, karena saya suka menyakiti diri sendiri, sangat mengiris hati. Atau kalau istilah saya sendiri "AHHHH BUNUH GUE". Dan inilah 13 lagu pilihan saya. Kenapa tiga belas? Ya suka-suka saya lah :(


1. 気ついたら片思い-乃木坂46

When I realized, it was unrequited love
I fell in love with you before I knew it
Every time I think about you
It feels somehow painful...
When I realized, it was unrequited love
I don't want to acknowledge it
My stubbornness
Is probably because my heart is fragile...
I just have to accept it

yang pertama, tentu saja lagu yang dibilang Ibu Dian sebagai "lagu yang sangat ceria". Sungguh kau salah besar, Paulina! *berlari sambil menembus hujan*

2. Law Taarafou - Elisa

وفكروه فاتني وبستناه
(And remind him that he left me waiting for him)
وكمان بقى عرفوه 
(And also let him know)
مين فات حبيبه تاه
(that his darling is lost)
وابقوا اسالوه
(And keep asking him)
 ازايه وازاي حاله 
(how he is and how is his condition)
في باله او مش في باله
(Or if he forget our love)
منساش هوانا وامانة
(I trust you to tell him)
كل الي تقال قولوه
(all I've said for him)
وابقوا اسالوه
(And keep asking him) 
 ازايه وازاي حاله 
(how he is and how is his condition)
في باله او مش في باله
(Or if he forget our love)
منساش هوانا وامانة
(I trust you to tell him)
كل الي تقال قولوه
(all I've said for him)

Dari Lebanon, ada Elisa dengan lagu rilisan tahun 2005 ini. Lirik yang melankolis dengan suara Elisa yang syahdu sungguh kombinasi yang sangat menyayat hati.

Ngomong-ngomong, itu bukan doa ya :(

3. Love Story - Namie Amuro


I love you more than anyone
But I’m walking on the path I’ve chosen
I’ll continue loving you even after being reborn
But we can’t be together anymore
Because life’s no love story

Kalau saya disuruh memilih "Soundtrack of my life", tanpa ragu saya akan memilih lagu ini.

4. 愛の光と影 - Suzuki Hiroko



if loving is to suffer
I will take any suffering 
until it reaches your heart someday
You are the light I am the shadow
Our bond that never be apart
As I suffer and suffer more
My love, my love, grows deeper

Lagu yang cocok untuk orang-orang masokis atau penganut paham kataomoi shiawase

YA! Ini lagu anime yang lawas sekali.

5. You Were Meant To Me - Jewel


I go about my business, I'm doing fine
Besides, what would I say if I had you on the line
Same old story, not much to say
Hearts are broken every day

Ah, mba Jewel...mba Jewel...kau memang paling mengerti betapa pedihnya ditinggalkan orang yang dikasihi.

6. Manias - Thalia

Where are you going?
Why Do you go?
Why did you left a sign
of you around every corner?
If you took so much
In just one day
It wouldn't cost anything
Take your obsessions
You forgot the smell
and the sound of your laugh
You forgot to take me
Piece of my life

Thalia bukan sekedar "Marimar, aww..." atau "Rosalinda, ay amor". Thalia punya Manias, lagu terpedih tentang orang yang gagal move on

7. Distance - JUJU

Kurang lengkap kalau saya tidak menyebut solois wanita satu ini. Memang selalu ada lagu menyayat hati di setiap rilisannya. Tapi hanya lagu ini yang membuat saya perlu mengirim pesan berbunyi "AISHITERUUU.....AHHHH BUNUH GUE" ke Neli.

*terjemahannya tidak ditemukan, maaf*

8. つぐない - Teresa Teng



I want to repay the love, but then we broke up
But please don’t forget a woman like me
You’re so gentle
You’re so like a child
We’ll be strangers as of tomorrow

Lagu ini, mau saya dengarkan 250-an kali, seperti yang tercatat di iTunes, tetap berhasil membuat hati ini sendu. Ah, Teresa Teng, anda sungguh legenda. 

9. 枯葉のステーション  - Matsui Rena (SKE48)



枯葉が風にひらひら
Dead leaves flutter in the wind, 
私の涙のように
just like my tears.
枯葉が風にひらひら
Dead leaves flutter in the wind, 
心に舞い落ちて来る
falling down into my heart.
私 1人きりの
In the station
ステーション
where I’m all alone.

"Kareha no Stasiun Balapan Sunshine Sakae sing dadi kenangan kowe karo aku naliko" kata saya dan teman-teman sesama wota penyuka grup empatlapan. Berawal dari asumsi dua lagu ini temanya sama, tentang seseorang yang ditinggalkan kekasihnya di stasiun. Sungguh lagu yang melankoli, ditambah dengan ekspresi Mba Rena yang sangat menghayati lagu solonya ini. Apalagi kalau ditambah fakta kalau beliau sudah lulus dari SKE48, kan....kan...makin sedih mz :(

10. Tambatkan Aku Dalam Hatimu - Rita Effendy

Temaram gelapnya malam
Purnama enggan menyapa
Terlena dua insan terjebak perpisahan
Senyumlah meskipun sedih
Lihatlah ku tak menangis
Yakinlah tiada jalan mampu melarutkan cinta kita

....saya tak perlu menjelaskan alasan memasukkan lagu ini kan? Liriknya saja dibaca...

11. 何もできずにそばにいる - 乃木坂46


"I'm sorry," is all I can say
Just by being close by to you, who's crying
I would like to remove all your pain
But what should I do, God?

how does it feel when you can't do anything for someone so precious? 

di videonya Reika cantik banget mongomong.

12. 1/3 Junjou na Kanjou - Siam Shade

How much do I have to love you for these feelings to reach you? 
Even though I could say it properly in my dreams 
Even if I love you to the point of breaking, 
not even 1/3 of my feelings will reach 
My true feelings are going nowhere, I can't even say "I love you"

Kataomoi shiawase at its best pokmen.

13. Anata Nara Dou Suru - Ishida Ayumi 


I am disliked by the one I love

I have been thrown aside

Like unwanted paper

Tidak ada yang lebih menyedihkan selain dibenci orang yang kita sayangi, bukan?

Dan itulah lagunya. Kalau saya harus memilih lagu favorit, mungkin "Menepis Bayang Kasih" dari Rita Effendy alias lagu yang saya putar 3 hari 3 malam waktu orang saya cintai bilang akan menikah di depan mata

LOH KENAPA GA DIMASUKIN MB? Sudah..sudah...sudahi perih ini Amanda :((

cemilan: H2O
(mune no oku ni) BGM: ame no pianisuto ga ai wo hiite iru wa BIRU no machi ni kanatteru kanashimi merodii..hop mb hop :(((






2 comments: